Kamis, 05 Februari 2015

(2) Before I Go for a Winter Exchange AIESEC 2014




Next war: Interview test!


Demi interview ini rela banget bolos kuliah (1 hari aja hehe). Berbekal info kalo interview AIESEC itu mending pake baju formal item putih, jadi deh gue dandan ala orang mau interview kerja..

Tapi ternyata..

Peserta lain pake baju formal yang ngga item putih. Nepok jidat malu rasanya kok formal banget, mana dikira mahasiswi dari fakultas pendidikan gara-gara seragam item putih gini -.-

Btw, disini gue kenalan sama mahasiswi fakultas pendidikan yang mahasiswa baru juga, namanya Khoiri. Dia talkative banget. Kelihatan jelas semangatnya tentang exchange ini. Jadi dia itu mau ambil yang projectnya tentang mengajar anak berkebutuhan khusus soalnya dia ambil prodi itu di fakultasnya. Mulia banget ya... coba anak hukum kayak gue mana ada project tentang hukum -.- ya udah ambil yang tentang culture...

Oke lanjut interview! Shock banget waktu tau giliran pertama maju interview, mana yang jadi interviewernya presiden Aiesec di LC univ!! O.O

Waktu interview entah bener ngga jawabnya, pokoknya sama dengan yang diisi di form, plus ditambah-tambah penjelasan dikit. Selain itu mereka juga nanya tentang problem solving, nah ini yang pertanyaannya bikin eh ah oh... diluar dugaan sangat menantang! Kalo mau tau coba sendiri aja ya interviewnya :P

Modal nekad plus pengetahuan seadaanya and jangan lupa jujur! Pertanyaan demi pertanyaan terjawab, biar bahasa inggris belepotan. Nah yang terakhir gue disuruh praktek nari gitu soalnya ditanya bisa memperkenalkan keahlian apa, gue jawab tari Bali, ngasal dikit lah soalnya terakhir latihan waktu SD. Jadi dengan ngawurnya gue nari sambil sedikit ngasih penjelasan gerakan-gerakannya. Lah si interviewer ketawa gara-gara pose gue mendadak aneh ,padahal sengaja dibuat gitu biar ngeliatin posisi menari yang salah -.-"

Selesai interview, giliran Khoiri berikutnya. Karena udah capek gue milih pulang. Untung jam kuliah yang di-bolos-in ngga ada materi penting...

HARI PENGUMUMAN *jeng jeng!

Tiba-tiba dapet sms dari Aiesec kalo gue lolos tahap interview (dengan nilai mepet -.-) terus diwajibkan dateng induction day. Nah lho apa itu? Tes selanjutnya? Sumpah ngga ngerti, Khoiri juga dapet sms itu, dia ngga ngerti juga. Sama-sama bego. Searching di internet tuh isinya tentang persiapan sebelum keberangkatan atau memulai kegiatan gitu. Laaah tambah bingung! Persiapan apa coba? Exchange? Gue udah lolos exchange nih? Tapi kok tulisannya lolos tahap interview aja??

Terus pas di  induction day, gue tanya ke kakak-kakak yang ada di office Aiesec nya: 

Me: "Mas, induction day itu tes apa yah??"
Mas nya: "Ini bukan tes kok"
Me: "iya sih mas aku lihat di internet itu tentang persiapan gitu. Tapi kan       aku cuma lolos interview??"
Mas nya: "Tahun ini kita cuma ngadain tes interview, jadi kamu udah lolos exchange, selamat ya!"
Me: *melongo*

Ealaaah! Udah lolos ternyata! Gue langsung nelpon ortu, ayah seneng banget! Yeeey!

Tapi...tes interview ini cuma dari pihak Aiesec LC kita. Buat dapetin project harus berjuang lagi interview sama Aiesec dari project yang kita mau. Jadi gini nih, ada proses Raise and Match. Raise itu kita masuk ke sistem Aiesec (macem web gitu) yang isinya EP (exchange participant) dari berbagai negara, project-project yang tersedia, sama negara yang mengadakan project itu, dll gue ga ngerti apalagi. Kalo Match itu kita udah interview sama Aiesec dari project yang dipilih, terus setuju mau mengikuti project itu. 

Jadi intinya, kalo mau bener-bener exchange harus berburu project. Pesaingnya banyak, bisa aja kita ditolak sama Aiesec dari project yang dimau soalnya ada EP yang lebih berkualitas dari kita. Apalagi kalo mau exchange ke europe sana, strict banget milihnya. Tapi gue kan mau yang ASEAN aja *biar murah* ^^

Karena tahap Raise itu cuma sign up, log in, isi data, jadi selanjutnya gue mau cerita proses Match. Next post, Ok!

3 komentar:

  1. Cerita nya kenapa ga di lanjut mbak? Saya jg lg ikut global citizen program, tp bingung jg soal biaya :(

    BalasHapus
  2. Cerita nya kenapa ga di lanjut mbak? Saya jg lg ikut global citizen program, tp bingung jg soal biaya :(

    BalasHapus

 

So Fly High! Template by Ipietoon Cute Blog Design